Jumat, 09 Januari 2015

Ciri-Ciri Seorang Muslim


“Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka; kamu lihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka bekas sujud.”(Q.S Al-Fath: 29)
Berdasarkan terjemahan Q.S Al-Fath ayat 29 diatas, ciri-ciri seorang muslim yang mengikuti jejak Rasulullah itu antara lain:
1. Memiliki akidah yang kuat yang dibuktikan dengan perbuatan, bersikap teguh dalam menentukan halal dan haram, benar atau salah. Seorang muslim harus menampakkan akidah dan keyakinan kepada siapapun, harus merasa bangga sebagai seorang muslim, jangan sebaliknya, merasa malu memperlihatkan identitas diri sebagai seorang muslim.
2. Memelihara kasih sayang antar sesama muslim, dalam arti saling menolong, saling membantu dalam hal kebaikan, baik berupa materi maupun ucapan atau perbuatan.
3. Senantiasa rukuk dan sujud. Maksudnya ialah senantiasa mendirikan sholat lima waktu sehari semalam. Sholat yang benar-benar memenuhi syarat dan rukunnya akan dapat mencegah kita melakukan perbuatan keji dan mungkar.
4. Senantiasa mengharapkan keutamaan dan rida Allah swt. Disetiap melakukan amalan atau ibadah sebaiknya seorang muslim memelihara niat dengan mengharapkan keutamaan dan keridaan Allah swt. oleh sebab itu seorang muslim harus mengerjakannya dengan didasari keikhlasan.
5. Terlihat dari bekas sujudnya. Maksudnya ialah bekas sujud yang didapatkan oleh orang-orang yang benar-benar melaksanakan sujud kepada Allah swt. Orang yang melaksanakan sholat lima waktu yang disertai dengan sunah-sunahnya tentu akan terlihat berbeda dengan orang-orang yang tidak pernah melakukannya. Perbedaan akan terlihat pada raut mukanya yang senantiasa bersih dan bercahaya. Orang-orang tersebut kelak di akhirat wajah mereka bercahaya dan berwibawa sehingga mereka disebut “Ghuran muhajalin”. Sebaliknya orang-orang yang tidak pernah melaksanakan sholat, walaupun wajahnya dihiasi make up yang serba indah, wajahnya akan tetap kusut dan pandangannya menatap masa depan yang gelap. Keindahan yang terlahir karena ibadah akan mewujudkan keindahan lahir batin yang kekal.


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Muhammad Ahsan Fuady | Powered by Blogger