Jumat, 06 November 2015

Perkembangan Software di Indonesia


Perkembangan software di Indonesia cukup pesat. Ini ditandai dengan semakin banyaknya para pembuat software (programmer). Programmer muda bermunculan dengan ide-ide yang kreatif. Mereka membuat software tidak hanya untuk keperluan bisnis, tetapi juga untuk keperluan pembelajaran. Hal tersebut merupakan awal yang baik bagi perkembangan Indonesia mengenai aplikasi perangkat lunak.
Dibalik perkembangan yang pesat, terdapat satu kelemahan yaitu tidak adanya keterbukaan antara programmer satu dengan programmer yang lain. Kebanyakan produknya dilindungi dan tidak bersifat open source (terbuka sumbernya). Seharusnya software buatan programmer Indonesia dibuat open source. Dengan software yang open source akan lebih cepat berkembang dikarenakan orang lain dapat mengembangkan software tersebut. Para programmer tidak usah khawatir tentang keterbukaan, karena satu ide yang muncul dapat mengembangkan ide-ide yang lainnya.
Baru-baru ini telah digelar kompetisi bernama TheNextDev. Dimana pada kompetisi tersebut para programmer muda menunjukkan software yang mereka buat. Pastinya mereka juga berbagi ide-ide sehingga memunculkan inovasi baru. Mereka membuat software untuk pemerintahan, kesehatan, pariwisata, pendidikan, usaha mikro menengah, dan transportasi publik. Software atau aplikasi yang mereka buat beberapa diantaranya ialah:
  • ·   Qcare adalah aplikasi yang membantu dalam pemanggilan ambulan dalam kondisi darurat di kota Surabaya.
  • ·   Travis - Travelling Indonesia adalah aplikasi travelling Indonesia merupakan aplikasi yang menawarkan informasi mengenai objek wisata di Indonesia.
  • ·   Nebengers dimulai dari gerakkan komunitas yang saling memberi dan mencari ‘tebengan' lewat akun Twitter, Nebengers kini meluncurkan sebuah aplikasi mobile yaitu Nebenger 2.0.
  • ·  Healink merupakan produk inovasi berbasis aplikasi mobile dari Healink Group yang memberikan support system terhadap Penyedia Jasa Kesehatan (Rumah sakit, klinik, dll).
Diharapkan dengan adanya kompetisi-kompetisi seperti ini akan makin banyak muncul ide-ide lain sehingga membuat perkembangan software di Indonesia semakin pesat.

Daftar Pustaka :
Telkomsel.2015.http://www.thenextdev.id/#temaaplikasi.2015.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Muhammad Ahsan Fuady | Powered by Blogger