Jumat, 15 Januari 2016

Pasar Kerja Lulusan Sistem Informasi di Indonesia


Sistem informasi adalah ilmu yang mempelajari perancangan, pembuatan, dan pengoperasian sistem informasi (khususnya dalam bentuk software). Sistem informasi adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada pihak yang dimaksud. Contoh sistem informasi adalah database, website, dll. Pada jurusan ini, dipelajari bagaimana membuat sistem yang menyampaikan informasi-informasi kepada pihak yang dimaksud, termasuk evaluasi ekonomi dari sistem yang dimaksud. Sistem informasi dapat digunakan untuk kemudahan memperoleh data yang ada dengan cara diurutkan (misal: database), promosi kepada masyarakat umum (misal: website), dan pengolahan data (misal: software untuk akuntansi). Maka, sistem informasi adalah jurusan yang dapat mendukung dan bekerja sama dengan humas, akuntansi, teknik informatika, administrasi, dan ilmu-ilmu lainnya.
Apakah perbedaan Sistem Informasi (SI) dan Teknik Informatika (TI)? Perbedaan SI dan TI adalah SI lebih mengarah kepada penerapan programming untuk membuat sistem informasi. SI dan TI sama-sama mempelajari software. Teknik informatika mempelajari software secara lebih mendalam lagi sedangkan sistem informasi mempelajari software untuk sarana membuat sistem informasi. Dengan kata lain TI akan bertindak sebagai programmer dan SI sebagai system analyst atau penganalisa program.
Pada dasarnya, lulusan sarjana sistem informasi bisa bekerja di perusahaan pada hampir semua sektor. Hal ini karena teknologi informasi menjadi bagian tak bisa terpisahkan dari perusahaan moderen. Menjadi keuntungan tersendiri bagi lulusan sarjana sistem informasi, karena mereka dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan lintas sektor usaha. Lebih spesifik, prospek dari jurusan sistem informasi yaitu sebagai pengembang sistem informasi, konsultan dan integrator sistem, spesialis basis data, dan menjadi akademisi di bidang sistem informasi.
Menurut Tony D Susanto  “profesional sistem informasi harus mampu memahami faktor - faktor teknis dalam membantu organisasi menentukan bagaimana proses informasi dan bisnis yang didukung oleh teknologi dapat menciptakan keunggulan bersaing.” Selain itu, lulusan sistem informasi dinilai juga berperan penuh sebagai penghubung antara tim teknis dan manajemen dalam organisasi. Sehingga dapat bekerjasama dengan baik memastikan organisasi senantiasa memiliki informasi dan sistem pendukung operasional sehari-hari. "Fundamental knowledge and skills yang harus dikuasai lulusan sistem informasi, yaitu kepemimpinan dan kerjasama, komunikasi, negosiasi, berpikir kritis dan analitis dan dasar-dasar matematika." (Tony). Peluang karir untuk lulusan Sistem Informasi Geografis (SIG) juga cukup luas. “Lulusan SIG berpotensi menjadi tenaga ahli pemetaan, tenaga ahli perencanaan wilayah, tenaga ahli hodrologi, tenaga ahli manajemen bencana dan menjadi GIS specialist, GIS coordinator, GIS manajer dan GIS analyst.” (Tony).

Daftar Pustaka :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Muhammad Ahsan Fuady | Powered by Blogger