Kamis, 28 Mei 2015

Menciptakan Pemimpin dalam Organisasi

Menciptakan Pemimpin dalam Organisasi

Pemimpin yang baik bukan di lihat dari seberapa banyak pengikutnya, dan seberapa lama ia memimpin, tapi terlihat dari seberapa banyak ia bisa menciptakan pemimpin-pemimpin baru.
Menciptakan pemimpin baru merupakan tugas besar dalam kepemimpinan, dimana kaderisasi kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting dan vital di lingkungan organisasi.
Intinya adalah, “bagaimana cara menciptakan pemimpin yang lebih baik dari saya“.
Berdasarkan referensi yang kami dapatkan dari beberapa buku yang mengulas tentang kaderisasi, cara agar kaderisasi kepemimpinan itu berjalan seperti yang kita harapkan adalah sebagai berikut,
Memberikan Kepercayaan
Memberi kepercayaan kepada staf atau bawahan Anda,  biarkan mereka melakukan apa yang mereka anggap benar, namun arahan strategis/konsep yang matang telah Anda berikan. Setelah itu lakukan evaluasi terkait kerja yang telah dia kerjakan tetapi, sifatnya bukan menggurui, namun pembahasan bersama menuju arah yang terbaik bagi perusahaan.
Memberikan Semangat dan Motivasi
Motivasi merupakan hal yang sangat penting dalam organisasi Apabila terdapat beberapa hal yang tidak sejalan dengan pakem-pakem yang telah ditetapkan, berilah feedback (umpan balik / evaluasi) kepada staff Anda tersebut. Jangan pernah marah-marah, apalagi memaki staff tersebut, karena hal itu akan membuat dia trauma dan bernyali kecil, dampak negatifnya adalah dia jadi takut untuk mengambil keputusan, karena khawatir dengan resiko yang akan dihadapi.
Menjalin Kedekatan
Jalinlah  kedekatan dengan staf Anda, secara terbuka dan rileks membahas situasi perusahaan dari beberapa aspek (organisasi, pemasaran, operasional, keuangan, dll), sesekali mintai pendapatnya. Anda pun menjabarkan  konsep-konsep pemikiran Anda dalam membangun sebuah Organisasi.
Apabila kedekatan telah terjalin, dan perasaan respek dan dihargai (oleh Anda kepada staff tersebut) telah dia rasakan, maka dia akan percaya dan mau mengikuti arahan Anda, sehingga ia siap menjadi pemimpin selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Muhammad Ahsan Fuady | Powered by Blogger