Kamis, 30 Oktober 2014

Resume Kelompok IV (Komunikasi Dalam Organisasi)

Komunikasi Dalam Organisasi

Sebagai makhluk sosial, manusia sangat membutuhkan yang namanya komunikasi. Pengertian komunikasi sendiri yaitu suatu proses ketika seseorang atau kelompok masyarakat menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungannya. Biasanya komunikasi akan terjadi secara lisan atau verbal.
Sedangkan organisasi dapat diartikan sebagai tempat orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terorganisasi, terencana, terkendali dan terpimpin dalam memanfaatkan sumber daya yang digunakan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi secara bersama-sama.
Dengan kata lain, komunikasi dalam organisasi ialah proses dimana bertukarnya informasi antar personal didalam organisasi itu sendiri. Komunikasi terbagi menjadi beberapa macam :

1. Komunikasi verbal, merupakan komunikasi yang dilakukan dengan cara bertatap wajah maupun dengan pesan tertulis.
2. Komunikasi nonverbal, merupakan perilaku yang memperkuat makna dari kata-kata atau informasi yang disampaikan.
3. Komunikasi vertikal, horizontal, dan diagonal :
a. Komunikasi vertikal, merupakan komunikasi yang terjadi antara atasan dengan bawahan.
b. Komunikasi horizontal, merupakan komunikasi yang terjadi antara staf dengan staf atau yang memiliki tingkatan sama.
c. Komunikasi diagonal, merupakan komunikasi yang terjadi antara kelompok-kelompok orang di departemen lain dalam organisasi yang tidak pada tingkat yang sama dalam hirarki.

Dalam berkomunikasi seseorang harus memiliki dasar yang akan menjadi patokan seseorang tersebut dalam berkomunikasi. Dalam proses kita juga harus ingat bahwa terdapat banyak hambatan-hambatan dalam berkomunikasi.
Tujuan komunikasi adalah berhubungan dan mengajak dengan orang lain untuk mengerti apa yang kita sampaikan dalam mencapai tujuan. Keterampilan berkomunikasi diperlukan dalam bekerja sama dengan rang lain. Komunikasi yang baik merupakan komunikasi dua arah yaitu apabila pengiriman pesan dilakukan dan mendapatkan umpan balik. Seseorang dalam berkomunikasi pasti dapat merasakan timbal balik antara pemberi informasi serta penerima informasi sehingga terciptanya suatu hubungan yang mutualisme antara keduanya.


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Muhammad Ahsan Fuady | Powered by Blogger